bonsai asem

Merawat Bonsai Asem

Bonsai

Tidak hanya bisa ditanam sebagai pohon besar, namun ternyata asam juga bisa dibentuk menjadi bonsai, seperti jenis tanaman asam Jawa (Tamarindus indica) dan asam Belanda (Pithecellobium dulce). Tanaman asam memiliki batang cokelat kehitaman, dengan bentuk daun yang berselang-seling serta menyirip dalam jumlah genap. Batangnya sangat keras dan kokoh sehingga baik sekali untuk dijadikan bonsai asem.

Bonsai Asam Jawa

Merawat bonsai asam jawa perlu dilakukan agar tanaman tersebut tidak rentan terserang penyakit. Pohon bonsai sendiri berasal dari Jepang dan memiliki harga yang mahal. Pohon yang menjadi favorit untuk dijadikan bonsai salah satunya asem jawa, yang sangat ideal karena memiliki batang berwarna coklat bertekstur kekar seta memiliki daun yang kecil-kecil.
merawat bonsai asam jawa, cara merawat bonsai asam jawa, media tanam bonsai asam jawa
asam jawa sangat ideal untuk dijadikan bonsai yang indah – diminimalis.com

Untuk membuat bonsai dari tanaman Asem jawa ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kita bisa membuat bonsai asem jawa dari biji yang kita semaikan atau mencangkok dari pohon asem yang sudah besar.
Merawat bonsai asam jawa agar sehat dan kuat

Di bawah ini adalah beberapa tahapan merawat bonsai Asem jawa mulai dari tahap awal hingga ahir

1. Mencari bakalan di bawah pohon Asem yang sudah tua dan berbuah

Biasanya di bawah pohon tersebut banyak tumbuh pohon-pohon Asem muda yang berasal dari biji dan tumbuh secara alami di bawah indukkannya. Pilihlah bakalan yang memiliki batang yang cukup besar dan dalam pengambilan diusahakan sehati-hati mungkin agar tidak merusak akar tanaman. Kemudian siapkan pot yang sudah berisi media tanam untuk pertumbuhan bakalan bonsai selanjutnya. Jangan lupa untk menyiramnya sehari dua kali dan tambahkan nutrisi tanaman atau pupuk organik.

Media tanam untuk pertumbuhan bisa berupa pasir+pupuk kandang+tanah+pupuk perangsang tanaman organik (seperti M4). Saat menanam biji Asem jangan terlalu dalam karena bisa memperlambat pertumbuhan kecambah. Tunggu sampai bakalan benar-benar siap dipindahkan dan dibentuk.
merawat bonsai asam jawa, cara merawat bonsai asam jawa, media tanam bonsai asam jawa
bonsai asam jawa yang masih dalam proses pembentukan – diminimalis.com

2. Proses pembentukan

Setelah bakalan bonsai dirasa kuat dan kokoh, maka proses selanjutnya kita bisa membentukya sesuai keinginan. Dalam tahap pembentukan gunakan teknik pengait secara bertahap. Selain itu, hindari penggunaan kawat pada tahap ini. Karena pohon Asem memiliki keindahan batang yang unik, jika kita menggunakan kawat maka keindahan batangnya akan rusak karena bekas kawat sulit untuk dihilangkan.

Dahan yang baik adalah dahan yang ada di bagian puncak lengkungan batang pohon. Potong dahan yang berada di bagian dalam lengkungan dipotong. Rajin-rajinlah memangkas dahan yang terlalu rimbun agar tidak saling menaungi. Setelah itu perlu perawatan dengan melakukan pemupukan . Pemupukan bonsai asam jawa bisa menggunakan pupuk organik, pupuk kandang atau kompos dan bahan organik lain secukupnya.

3. pemotongan

Setelah arah dan gerak pertumbuhan batang sudah terlihat, kita bisa melakukan tahap pemotongan. Kita bisa menggunakan alat-alat potong seperti gunting atau gergaji. Sisakan beberapa cabang utama, sesuai selera. Dalam tahap ini biasanya kami mempertahakan dua cabang saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *