Bonsai Kupa Landak

Bonsai

Tanaman yang termasuk tumbuhan dikotil ini dikenal pula dengan nama rukam. Memiliki batang kayu yang tegak, bulat, memiliki duri dan warnanya putih kusam. Memiliki daun majemuk yang posisinya tersebar. Salah satu jenis bonsai yang juga diminati eksportir karena batang, daun, dan buahnya dapat berpadu rapi menjadikan bonsai kupa landak menjadi bonsai yang indah.

Bonsai Kupa Landak

Kupa Landak (sysigium caulifora), atau sebagian besar orang menyebut bonsai anggur Brazil merupakan tanaman yang sangat ideal untuk menjadi bahan Bonsai. Jenis pohon ini memiliki beberapa keunggulan untuk dijadikan Bonsai. Kulit batang yang sangat exotis, perantingan yang sangat rapat mencerminkan tanaman tropis yang ideal, daun kecil dengan pupus kemerahan serta memiliki buah yang manis.

Pada awalnya Kupa Landak dicitrakan sebagai tanaman yang hanya bisa subur di daerah dingin. Maka daerah penyebarannya banyak di pegunungan, Cipanas merupakan daerah yang banyak ditemukan Kupa Landak. Selain beberapa keunggulan di atas Kupa Landak mempunyai beberapa kekurangan. Antara lain: bentuk kaki yang kurang sempurna, pembesaran batang yang lama serta penyebaran yang terbatas sehingga terkesan pohon langka.

Nama landak dikarenakan buntuk daun-daunnya tersusun seperti tubuh landak yang ditumbuhi duri-duri tajam, membulat di atasnya.

Seperti dikutip dari akun Instagram @ Oyong Chopper Psyco konon tanaman bonsai tersebut bukan tanaman asli Indonesia. Dalam berbagai sumber taraman ini awal mulanya dibawa oleh orang-orang Belanda saat datang pertama kali di Indonesia.
Iklim di daerah asal yang relative lebih dingin sehingga banyak daerah-daerah pegunungan di Indonesia yang membudidayakan tanaman ini, meskipun tidak jarang tanaman ini hias tumbuh ditempat yang lebih panas. Berdasarkan kelompok tinggi pohon Sysigium cauliflora termasuk kelompok pohon perdu dengan karakternya pohon ini sangat ideal dijadikan bonsai.
Bonsai Sysigium cauliflora ini menyajikan penampilan dengan kematangan tahapan tua dimana anak ranting bahkan cucu rantingnya sudah lengkap, Bonsai beraliran naturalis dengan gerak cabang keatas ini menampilkan kesan pohon besar yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *