Bonsai Jeruk

Bonsai

Beberapa jenis jeruk yang dapat dibuat versi bonsainya adalah jeruk keprok (Citrus nobilis), jeruk bali (Citrus maxima), dan jeruk kingkit (Tripashia trifolia). Keindahan pohon jeruk sebagai bonsai akan terlihat menawan ketika Anda berhasil memadukan batang, buah, dan daunnya menjadi bentuk yang rapi. Untuk membuat bonsai jeruk, usahakan pilih tanaman jeruk yang bentuknya pohon, bukan perdu atau semak.

Cara Membuat Pokok Bonsai Dari Jeruk Purut

Jeruk purut merupakan sebuah tanaman buah yang hanya dapat tumbuh dan berkembang di tempat-tempat tertentu saja. Biasanya tanaman jeruk purut ini paling banyak di budidayakan di tempat-tempat yang memiliki suhu sekitar di bawah 23 derajat celcius.
Advertisement

Biasanya di masing-masing tempat dan lokasi, jeruk purut ini memiliki bentuk warna dan bentuk yang berbeda-beda. Tanaman yang satu ini juga mampu tumbuh dan berkebang dengan sendirinya di daerah yang memiliki suhu udara yang cukup dingin.

Suhu berpengaruh

Pertumbuhan tanaman jeruk purut di tempat atau lokasi yang lebih dingin tentunya akan membuat tampilan buah jeruk purut semakin terlihat menarik dan juga terlihat lebih besar dari tanaman jeruk purut yang di budi dayakan di lokasi yang lainnya.

Berbeda dengan tanaman jeruk purut yang di budidayakan di dataran rendah, yang memiliki ukuran dan rasa buah yang berbeda.

Tanpa menggunakan alat bantu seperti melakukan pemupukan, penyiraman, dan lainnya, tanaman jeruk purut yang di tanam di daerah berdataran rendah tidak akan tumbuh dengan baik.

Tanaman jeruk purut ini sebenarnya tidak berbeda dengan tanaman hias pada umumnya. Karena tanaman jeruk purut ini dapat di tanam dan di budidayakan di daerah sekitar pekarangan rumah. Seperti di halaman depan atau pun di belakang rumah.

Untuk penanamannya pun juga dapat di lakukan di dalam pot atau wadah dan juga dapat di tanam langsung di dalam tanah. Selain itu tanaman jeruk purut ini juga dapat di jadikan sebagai hiasan di atas meja tamu atau pun di sudut ruangan.

Caranya hanya dengan membuat tanaman jeruk purut menjadi sebuah tanaman bonsai dengan pot atau wadah yang tidak terlalu besar.

Pembuatan tanaman jeruk purut menjadi tanaman bonsai atau kerdil merupakan satu-satunya cara yang dapat di gunakan untuk tanaman jeruk purut agar dapat di jadikan sebagai tanaman hias pajangan di dalam ruagan.

Walaupun bentuknya sudah di kerdilkan, bukan berarti tanaman jeruk purut ini tidak bisa mengeluarkan buah dan bunga yang banyak. Bahkan tanaman jeruk purut yang sudah di kerdilkan ini akan mengeluarkan buah dan bunga yang begitu banyak, sehingga keunikan akan terlihat pada tanaman jeruk purut ini.

Tetapi buah yang di miliki pada tanaman jeruk purut yang telah di kerdilkan ini tentunya memiliki perbedaan yang sangat jauh. Karena tanaman jeruk purut yang telah di kerdilkan tersebut akan memiliki buah yang kerdil pula.

Rasa buah tetap sama

Tetapi walaupun memiliki bentuk yang telah berbeda, bukan berarti buah jeruk purut memiliki kualitas rasa yang berbeda pula.

Rasa yang di timbulkannya pun akan sama seperti buah jeruk purut pada umumnya, sehingga siapa saja yang ingin membuat tanaman jeruk purut menjadi kerdil tidak akan merasa khawatir lagi akan rasa yang di timbulkan pada buah jeruk purut tersebut.

Itulah tahap Cara Membuat Pokok Bonsai Dari Jeruk Purut silahkan di kreasikan sendiri di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *