Bonsai Boxus

Bonsai

Jenis tanaman lain yang dapat dibuat bonsai adalah tanaman bonsai boxus (Boxus sp.) yang memiliki batang kecil berwarna hijau yang lambat tumbuhnya serta panjang umurnya. Batang boxus sangat keras dan padat serta memiliki akar yang kokoh. menjadikannya sebagai salah satu kandidat bonsai terbaik. Boxus dapat diperbanyak dengan cara menanam bijinya atau menyetek batangnya.

Bonsai Buxus

Boxus memiliki daun yang juga indah, daun yang satu dengan yang lain saling berlawanan mengitari tangkai. Dengan ukuran yang juga relatif kecil. Boxus dapat berbunga yang warnanya kuning kehijauan. Jika fokus Anda membisniskan bonsai ke luar negeri, Boxus dapat menjadi pilihan Anda. Karena tanaman ini banyak dicari sebagai barang ekspor akibat batang, akar, dan daun Boxus yang indah.

Negara asal Korea

Selain bonsai, tanaman hampir serupa bernama buksus. Tanaman yang berasal dari negeri ginseng ini mulai menghiasi di toko Flora yang berada di lantai dasar Palembang Trade Center (PTC) Mall. Bonsai Boxus atau Boxwood adalah salah satu spesies yang bisa dibentuk sebagai bonsai. Sebenarnya Buxsus, yang di kalangan masyarakat Indonesia khususnya penggemar bonsai lebih sering diucapkan dengan nama boksus atau buksus, lebih tepat dikategorikan sebagai tumbuhan jenis semak.

Bentuknya mirip seperti tanaman bonsai, daunnya yang mengelilingi tangkai-tangkai batang pun relatif kecil, tanaman yang hanya setinggi 30 sampai 40 centimeter ini berumur sekitar 15 tahun dan berharga Rp 3,5 juta pertanamannya dan hanya satu tanaman ini yang dipajang.
“Tanaman ini bisa dibilang langka, walaupun demikian harganya tidak terlalu mahal dan masih dalam hal wajar,”.

Perawatan

“Perawatan tanaman ini tidaklah rumit untuk membentuknya, kita hanya mengawatkan agar arah tumbuhnya bisa kita atur jadi sesuai keinginan,”. untuk penyiramannya dilakukan setiap hari pagi dan sore. Lalu  setiap enam bulan sekali harus diganti media tanah di dalam pot.
Lanjutnya, apabila tanaman ini susah berkembang berarti buksus ini kurang vitamin tandanya tunas susah keluar dan daun-daun tidak akan bertambah, kalau tidak cepat-cepat ditangani maka tumbuhan ini akan mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *